​Buku adalah jendela dunia, sedangkan internet ibarat pintu membuka dunia baru

Seorang wanita berusia tengah lima puluhan terduduk nyaman di depan pintu samping rumahnya, tawa kecil dan sesekali geleng kepala menyertai aktifitas tangannya yang mulai lincah mengusap layar handphone, barusan saja si wanita mendapat "lungsuran" android dari anaknya, dan segera saja takjub dengan kecanggihan benda datar yang mampu memangkas jarak dan waktu tersebut. Melihat foto lama, … Continue reading ​Buku adalah jendela dunia, sedangkan internet ibarat pintu membuka dunia baru

Advertisements

Benar-Benar Belajar Dari Film Spotlight

Ini adalah salah satu dari beberapa film yang memberi saya banyak pencerahan. Terutama karena saya waktu itu memang berkecimpung di media. Jadi, rasanya kurang afdol kalau belum nonton film yang diangkat dari kisah nyata tersebut. Atas jerih payahnya, tim Spotlight yang dikisahkan dalam film ini sempat diganjar penghargaan Pulitzer untuk kategori Pelayanan Publik pada 2003 … Continue reading Benar-Benar Belajar Dari Film Spotlight

Budayakan atau rubah, kenyamanan layak untuk diperjuangkan

Saya marah? Iya Menulis ini dengan emosi? Agak Apakah banyak orang yang mengalami kejadian seperti ya? Mungkin iya, yang jelas saya gak sendiri. Ini tentang apa tho? Ini tentang bagaimana menjadi orang yang tertib di negara kita tercinta, bagaimana sebuah kepatuhan menjadi pil pahit yang tertelan ketika jadi mahluk aneh diantara keluwesan dan kongkalikong sana … Continue reading Budayakan atau rubah, kenyamanan layak untuk diperjuangkan

Mereka tanggung jawab siapa?

Salah satu tugas saya di pagi hari adalah mencari berita terbaru yang berhubungan dengan bidang ekonomi dan bisnis di Jawa Timur. Jangan heran jika pagi-pagi kebetulan seliweran dekat desk saya dan melihat saya lagi manggut-manggut ato malah mencureng di depan layar laptop. Ya, itu karena saya juga masih awam dengan hal-hal berbau Wirtschaft und Finanzen. … Continue reading Mereka tanggung jawab siapa?

Generasi jadul nggak kayak Awkarin? Aw, yakin?

Dalam tulisan kali ini saya hendak menyinggung lagi pelajaran PPKn. Babnya mengenai kerukunan antar tetangga. Yup! Bukankah kerukunan antar tetangga itu bisa terjalin jika kita saling menghormati satu sama lain? Termasuk meghormati privasi tetangga dan privasi diri sendiri tentunya. Nah, hal yang belakangan disebutkan sepertinya sering diabaikan oleh masyarakat saat ini. Korban yang sering dijadikan … Continue reading Generasi jadul nggak kayak Awkarin? Aw, yakin?

Renungan untuk pria, wanita butuh makan cinta!

Kabarnya Lee Min Ho dan Suzy Miss A putus ya? Wah, saya cukup terhenyak dengan kabar tersebut. Bukan karena saya penggemar Min Ho ataupun Suzy Miss A. Kiprah ke KPop-an saya cukup pada 2NE1 yang sudah mulai mrotoli karena Minzy hengkang dari pelukan Bom, CL, dan Dara. Ah, nggak teletubbies lagi deh. Dimana-mana perpisahan itu … Continue reading Renungan untuk pria, wanita butuh makan cinta!