Apakah Anda sudah familiar atau pernah mendengar mengenai kata koleris, sanguin, pleghmatis dan melankolis? Yup, keempat kata di atas mewakili karakter manusia. Jika diantara Anda adalah mahasiswa psikologi dan sejenisnya, atau pekerja lapangan yang setiap hari harus berhadapan dengan klien yang berbeda, maka kemungkinan besar sudah tak asing lagi dengan buku Personaliti plus yang disusun oleh Lawrance. Saya yang notabenenya bukan dari disipilin ilmu psikologi jadi tertarik membaca buku ini.

Bukan bermaksud untuk mengkotak-kotakkan karakter Anda atau membuat tempurung untuk membatasi keleluasaan Anda dalam berekspresi, tapi dengan mengetahui seperti apa karakter Anda sebenarnya, apa kelebihan dan bagaimana meminimalisasi kekurangan Anda, Anda mampu mengenali orang lain dengan lebih baik, berdampingan secara positif dengan lingkungan sekitar dan pastinya dengan mengenali diri sendiri, anda akan mampu menelaah segala jenis bentuk emosi yang Anda keluarkan beserta penyebabnya.

Apakah Anda pernah merasa Anda merupakan pribadi dengan sifat “aneh” kan sering terjadi konflik batin dalam diri Anda sendiri? Ataukah anda pribadi yang memiliki semangat berkobar pada awalnya tapi redup di tengah perjuangan? Oh tenang…di buku ini akan dibedah dan dirunut tipe seperti apa anda dan segala aksi reaksi jika menghadapi suatu kondisi atau situasi tertentu. Di awal buka akan disajikan tes untuk pengklasifikasian karakter Anda, dan tidak menutup kemungkinan ada dua karakter yang bisa menonjol. Bila tertarik membaca buku ini yuk sekilas aja berkenalan dengan 4 karakter tersebut

Koleris/dominan
Tipe seperti ini adalah orang yang tidak bertele-tele atau tidak sabaran, keras pendiriannya, suka dipuji, mampu membuat keputusan sendiri, jadi tidak suka diajari dan mendengarkan ocehan orang lain, sering banget orang dengan kepribadian koleris menggunakan kata “pokoknya begini…”. Orang dengan karakter koleris sering kita temui pada sosok seorang pemimpin. Tipe seperti ini adalah pejuang tangguh yang bisa melakukan segala cara untuk mencapai tujuan.

Sanguin/intim
Kehadiran orang dengan tipe ini banyak diterima kalangan,pandai bergqul, dan menyenangkan hati orang dengan selera humornya, banyak bicara dan gerak tubuh. Tipe ini senang menjadi pusat perhatian, jarang mau kalah omong tapi memiliki banyak teman. Sangat bersemangat menyambut ide-ide baru tapi selalu kendur semangatnya dalam hal merampungkan ide tersebut

Pleghmatis/sosial
Tipe ini orang yang suka bercurhat dan menjadi tempat curhat dengan tingkat kepedulian yang tinggi. Tipe ini jarang mengambil keputusan dengan cepat, senang ngrumpi, suka menunda-nunda pekerjaan dan banyak alasan untuk menghindari suatu problem, Tapi jika sudah mengambil keputusan, tipe ini sulit tergoyahkan dan setia.

Melankolis/ cermat
Tipikal ini lebih banyak kearah berhitung/ detail, tidak gampang percaya kepada hampir semuanya, pintar membuat jadwal dan teliti, banyak pertanyaan yang mengarah ke fakta dan jika tipe ini berbicara dengan teratur sesuai urutan. Tipe seperti ini seringnya menyerah sebelum berperang karena banyaknya hal yang dipikirkan sebelum menuju pertempuran. Tapi jika sudah menggilai suatu hal, maka dia bisa melejit dengan dahsyat karena kejeniusannya.

Nah…tidak menutup kemungkinan perpaduan dua karakter dalam diri seseorang mampu menghebatkan jika gabungan tipenya saling menguatkan seperti koleris-melankolis dan pleghmatis-sanguin, tapi jika perpaduan yang memperlambat seperti koleris-pleghmatis atau sanguin-melankolis, maka dampak yang timbul pun akan berbeda.

Dibuku ini diberitahukan bagaimana melecut potensi terbaik dari perpaduan tiap karakter, cara beradaptasi dengan karakter tersebut dan berdamai dengan kelemahan tiap karakter.
Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari membaca buku ini, khususnya bagaimana cara memahami pasangan kita masing-masing, minimal untuk mencegah konflik yang akan muncul dan cara mengatasinya, kadang kita berpisah dari orang yang kita kenal bukan karena hilangnya rasa, tapi karena sudut pandang kita dalam mengenalnya yang salah. Mari bercermin, membaca dan membahagiakan diri dan orang di sekeliling kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s